Bahan – bahan inilah yang membuat bakso terasa kenyal dan nikmat

Banyak orang sangat menyukai bakso karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih. Walaupun terlihat sangat mudah dibuat dan dinikmati, ternyata bakso dibuat dengan berbagai bahan tambahan yang tidak diketahu banyak orang.

Bahan-bahan mentah yang segar dan berkualitas tinggi sangat penting untuk mempertahankan tesktur bakso. Ini adalah beberapa bahan pembuat bakso sekaligus anjuran pemakaiannya menurut Ir. Trisetyo Budiman selaku Ketua Umum Asosiasi Pedagang Mie Bakso Indonesia seperti dituturkan:

  1. Daging, daging terbaik untuk membuat bakso adalah daging tanpa lemak dengan bagian paha belakang (top side). Bakso umumnya mempunyai campuran daging sapi 8-10 kg dan harusnya mempunyai rasio lebih banyak daripada bahan lainnya.
  2. Garam, garam selain menambah rasa gurih dalam baso, juga sebagai pengontrol suhu adonan bakso. Jumlah pemakaian umumnya 2 persen dari berat daging yang digunakan.
  3. Bumbu, beberapa bumbu dimasukkan antara lain lada dan bawang putih. Kedua bumbu ini sangat penting untuk menambah citarasa bakso dan jumlah pemakaiannya tidak lebih dari 2 persen dari berat daging.
  4. Penyedap, bila diperlukan, dalam adonan baso bisa dimasukkan juga penyedap rasa monosodium glutamat (vetsin) dengan jumlah pemakaian yang tidak berlebihan.
  5. Tepung Tapioka, bahan makanan ini berfungsi untuk menyatukan semua bahan supaya mudah dibentuk. Untuk jumlah pemakaiannya disarankan tidak lebih dari 20% berat daging supaya kualitas bakso tetap baik.
  6. Es Batu, dalam proses pengadukan, es batu dimasukkan untuk membantu menjaga suhu adonan tetap rendah sehingga adonan lebih mudah dibentuk dan memperbaiki tekstur bakso. Anjuran pemakaian adalah 20-40% dari berat daging yang dipakai.

Nah itu dia bahan yang dapat membuat bakso menjadi kenyal dan enak dilansir dari: detikfood, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cari bakso sapi praktis siap masak ? Kami menjual Bakso MitFood 🙂

Bakso MitFood adalah bakso yang terbuat dari daging sapi pilihan terbaik bertekstur kenyal, berserat halus, sangat terasa daging sapinya, dan halal. Bakso MitFood ini dapat dijadikan bahan utama membuat bakso kuah dirumah maupun untuk bahan tambahan masakan seperti pelengkap hidangan kwetiaw, capcay, tumis, dll.

Produk kami Bakso MitFood

WhatsApp Image 2017-07-27 at 15.18.37

mitfood 1

mitfood 3

Nah tunggu apalagi ? Yukk order… untuk pemesanan bisa hubungi kami :

Phone           : 0811178 631
Telpon          : (021)5850528

Leave a comment